Senin, 12 Desember 2016

[REVIEW] FILM I"M NOT STUPID - FILM PENDIDIKAN


SINOPSIS DAN ANALISIS FILM
I’m Not Stupid
Hasil gambar untuk i'm not stupid movie

DATA FILM
Judul                : I’m not stupid too
sutradara          :Jack Neo
Produser          :Chan Pui Yin
 Seah Saw Yam
Penulis             :Jack Neo
Pemeran           :Jack Neo
Huang Yiliang
Xiang Yun
Ashley Leong
Shawn Lee
Joshua Ang
Studio              :MediaCorp Raintree Pictures
Distributor       :United International Pictures
Durasi              :124 menit
Negara             : Singapura
Bahasa             :Inggris, Mandarin, Hokkian

Film ini menceritakan bagaimana situasi kehidupan sosial , situasi pemerintahan serta situasi pendidikan yang ada di Singapura saat itu. Menurut saya tidak terlalu jauh berbeda situasi saat itu di Singapura dengan situasi sekarang ini di berbagai kehidupan sosial di mana saja kita berada.
Film ini mengisahkan tentang kehidupan sosial tokoh-tokoh yang tidak dihargai baik itu dari keluarga, guru dan orang-orang sekitarnya. Tentang Tom & Jerry yang orang tua mereka lebih memementingkan pekerjaan, dan mereka hanya bisa menuntut anak-anak mereka agar mempunyai nilai akademis yang tinggi. Keluarga Tom merupakan keluarga berada, yang bisa memiliki segalanya dengan mudah. Namun sayangnya, Orang Tua mereka tak pernah ada waktu luang untuk memberikan perhatian, kasih sayang kepada Tom dan Jerry yang merupakan adiknya. Karena terlalu sibuk, Orang tua mereka menyiasati Komunikasi dalam keluarga ini hanya melalui sebuah pesan singkat yang ditempel di lemari pendingin (Kulkas). Jerry yang ingin bertanya sesuatu pada ibunya harus menempelkan note di pintu kulkas, dan dijawab ibunya dengan note pula.Sangat memprihatinkan, jika waktu berkumpul di meja makan mereka seringkali menasehati anak-anaknya dan tak ada kesempatan untuk Tom dan Jerry mengajukan bebearpa kalimat yang ingin mereka sampaikan.
Orang tua mereka tak pernah bangga dengan bakat anak-anak mereka, bahkan mereka tidak pernah tau apa bakat anak mereka, mereka menganggap bahwa nilai akademik lebih menentukan segalanya. Berawal dari situlah Tom dan Jerry yang aslinya anak baik-baik berubah menjadi anak yang nakal, hasil pendidikan orang tua yang merubah anak menjadi nakal, tumbuh menjadi anak yang tidak pernah diharapkan oleh orang tua manapun.
Padahal Tom pintar dalam bidang ilmu IT, dia pintar membuat Blog. Tom pernah menjuarai olimpiade blogger nasional,namun itu sama sekali tak dihargai oleh ibunya yang seornag redaktur majalah best seller. Tom tumbuh menjadi anak kesepian dan semua isi hatinya ia curahkan di blog, sedangkan Jerry dengan kepolosannya berusaha memahami kondisi keluarganya yang sungguh sulit dimengerti olehnya.
Suatu hari Laptop ayahnya Tom terserang virus sehingga error, padahal esoknya ayahnya harus melakukan presentasi dihadapan Bos dan klien, Tom berinisiatif membenarkan laptop itu saat ayahnya sudah berangkat ke kantor, dan rela telat ke sekolah demi mengantar Laptop yang sudah dibetulkan ke kantor ayahnya. Namun sikap ayahnya itu malah mengira Tom yang merusak laptop itu sebelumnya lalu karena merasa bersalah Tom kembali memperbaikinya. Saat Tom ingin membela diri dan ingin menjelaskan yang sebenarnya, ia malah di marahi karena terlambat ke sekolah, diomeli tanpa memberikan kesempatan Tom berbicara.

Kisah lain ada pada Chengcai, Chengcai memiliki nilai tidak pernah di atas sepuluh (nilai maksimal 100),dia selalu dicerca gurunya karena dianggap anak yang bodoh. Ayahnya seorang mantan pegulat yang menderita cacat di kakinya karena pekerjaannya di masa lalu. Padahal Chengcai sangat menyukai bruce lee dan bela diri, namun ayahnya melarang karena ia tak mau Chengcai bernasib sama seperti dirinya. Namun Chengcai tak bisa mengerti keinginan ayahnya karena Ayahnya selalu mendidiknya dengan pukulan, tamparan, teriakan, dan hujatan.
Chengcai dan Tom adalah teman sekelas, Chengcai sering menolong Tom saat Tom mengalami masalah dengan para preman. Suatu hari, dikelas Tom ada penyitaan hp, kemudian Tom tertangkap basah menjatuhkan CD porno, karna takut di ambil oleh gurunya, Tom menendang CD itu kearah Chengcai lalu Chengcai mengoper keteman lainnya, guru Tom mencoba mengejar dan akhirnya CD itu tertangkap oleh gurunya. Lalu akhirnya Chengcai berkelahi dengan gurunya, guru itu akan memukul Chengcai, namun Chengcai menangkisnya dan akhirnya Tom membantu mengeroyok gurunya itu. Akhirnya Tom dan Chengcaimenerima hukuman. Chengcai dikeluarkan dan Tom dihukum cambuk didepan semua siswa. Hal itu membuat orang tua Tom dan Chengcai marah besar.
Chengcai akhirnya tidak bersekolah lagi, tapi Tom dan Chengcai masih sering bertemu. Karena merasa kekurangan kasih sayang dan tak pernah mendapatkan ketentraman di rumah, Chengcai dan Tom akhirnya bergabung dengan komplotan para preman. Disitulah Tom dan Chengcai bertambah nakal dan binal.
Jerry, ia terpilih sebagai peran utama dalam pementasan drama di sekolahnya dan Bu Guru meminta semua keluarganya datang.,Namun ketika Jerry bertanya apakah orang tuanya memiliki waktu untuk menonton pertunjukkan dramanya. Namun, mereka tak pernah mempedulikannya. Jerry merasa iri dengan salah satu temannya yang mengundang seluruh anggota keluarganya untuk menonton pertunjukkan padahal temannya itu hanya berperan sebagai bunga. ia pun melakukan berbagai cara untuk dapat menghadirkan kedua orangtuanya dalam drama sekolah. Bahkan ia sampai mencuri uang di kantin sekolah. orangtua Jerry dipanggil pihak sekolah untuk menindaklanjuti hal tersebut. Pulang kerumah mereka langsung memarahi Jerry dan memukul tangannya dengan penggaris, tak peduli Jerry menangis kesakitan. Sang ibu pun hanya memandanginya. Jerry hanya karena ingin kedua orang tuanya hadir untuk menonton pertunjukkan Drama sekolah, ia rela menjual kartu pokemonnya (mainan) dan mencuri uang di kantin, hanya untuk membeli waktu ayahnya  untuk 1 jam saja dengan membayar uang itu kepada ayahnya, agar sempat menonton pertunjukkan Drama di Sekolah Jerry.
Sang ayah langsung membeku, penggaris di tangannya terjatuh. Sang ibu langsung memeluk Jerry. Setelah itu ibu dan ayah Jerry pergi ke kamar Tom, mereka melihat tulisan-tulisan Tom di blognya. Ternyata, selama ini Tom merasa sangat kesepian dan tak berharga, ayah dna ibunya tak pernah memperhatikannya. bahkan dia merasa rumah yang ditinggalinya tak lebih dari sebuah tempat dimana ia tidur setiap malam.
saat hari pertama sekolah di SMP aku salah naik bis,sehingga aku tersesat. Aku menelpon ayah untuk menjemputku,tapi ayah bilang dia sedang sibuk dan tak ada waktu. sampai akhirnya aku baru sampai rumah pada larut malam,dan ibu langsung memarahiku.
Ayah dan Ibu Tom menangis membaca semua tulisan Tom di blognya, mereka menyadari kesalahn mereka selamaini. Mereka telah gagal menjadi orangtua. Ayah Jerry berusaha menelpon Tom,namun tak terjawab,sedangkan ia harus pergi ke kantor untuk presentasi di depan kolega dari luar negeri.
Sementara itu TOm dan Chengcai sedang di kejar-kejar massa karena perbuatan mereka yang menjambret kalung , padahal mereka bermaksud baik mengembalikan kalung tersebut kepada pemiliknya karena mereka menyadari perbuatan mereka itu salah. Namun mereka malah di kejar-kejar untuk di pukuli.
Tom dikejar-kejar dan akhirnya tertangkap,ia meminta untuk dilepaskan namun orang-orang yang memukulinya tak peduli. Hp Tom terjatuh dan secara tak sengaja tombolnya tertekan menelpon ayahnya. Sang ayah yang sedang bersiap presentasi di hadapan kolega menerima panggilannnya, dan melalui faislitas 3G ia melihat Tom sedang dipukuli. Ia terkejut dan bergegas pergi, namun atasan ayah Tom menahannya karena ia harus presentasi di hadapan klien yang bernilai miliyaran. Namun ayah Tom tak peduli,ia memilih di pecat oleh bosnya karena selama ini ia selalu mengacuhkan anaknya.
Sesampainya disana ayah Tom langsung bertanya mengapa Tom mencuri,ternyata Tom ditipu oleh teman premannya dan ia harus mengganti sejumlah uang agar tak dijebloskan ke penjara. Tiba-tiba polisi datang , ayah Tom memohon kepada si nenek agar memaafkan Tom yang telah berusaha mencuri kalungnya, bahkan ia bersimpuh di hadapan sang nenek.Ayah Tom meminta agar ia saja yang dimasukkan ke penjara asal jangan anaknya, si nenek menjadi bingung sementara polisi sudah ada didekat mereka.
Ketika polisi bertanya , si nenek berkata bahwa tidak terjadi apa-apa. Dia hanya memberikan laporan palsu,karena itu si nenek lah yang akhirnya dibawa oleh polisi.si nenek berkata pada ayah Tom bahwa ia akan baik-baik saja,dan memeberi pesan agar Mr.Yeo menjadi ayah yang baik bagi anak-anaknya.
Sedangkan di sisi lain, Chengcai berlari menghindari orang-orang yang mengejarnya ke atas jembatan penyeberangan namun ia  tertangkap dan ia pun dipukuli. Tak disangka ayah Chengcai yang sedang berdiri di pinggir jalan melihatnya, ia segera berlari menolong anaknya. Dia membiarkan dirinya dipukuli asalkan Chengcai selamat, Chengcai menatap wajah ayahnya yang sedang di pukuli. Tiba-tiba ayahnya terjatuh dari atas tangga dan kepalanya terbentur ubin dengan sangat keras. Chengcai terkejut,ia segera tersungkur didepan ayahnya yang bersimbah darah.orang-orang yang tadi mengejar dan memukuli Chengcai berkata bahwa mereka tak bermaksud melakukan hal itu.Chengcai tak menjawab,ia terus memanggil ayahnya yang diam tak bergerak.
Ayah Chengcai segera dilarikan ke rumah sakit, Ibu Li tetangga mereka menangis melihat keadaan ayah Chengcai. ia marahmarah pada Chengcai dan mengungkapkan semua yg dilakukan ayah Chengcai untuk dirinya. Ternyata Ayah Chengcai telah memohon pada kepala sekolahnya yang dulu agar mengijinkannya kembali sekolah,walaupun tak berhasil. Dia telah berkeliling ke 100 sekolah di Singapura untuk mendaftarkan Chengcei agar dia bisaberseklah lagi, ia meminta ibu Li untuk membuat surat permohonan kepada sekolah berbahasa inggris dan dicopy sebanyak 163 karena dia tak bisa berbahasa inggris . Dia hanya ingin Chengcei belajar dengan keras, itu saja .Dia sangat mencintai Chengcei, hanya saja dia tak tahu bagaimana menunjukkannya pada Chengcai.
Chengcai pun kembali ke sekolah dan memohon kepada kepala sekolah  untuk memberinya kesempatan.dia berjanji akan menjadi anak yang baik,namun kepala sekolah tak menggubrisnya. Akhirnya Chengcai pulang dengan lunglai.
Chengcai pergi kerumah sakit dan menadapati ayahnya telah siuman, melihat Chengcai mengenakan seragam sekolah ayahnya merasa senang. apalagi saat Chengcai berkata bahwa kepala sekolah telah memberinya kesempatan, ayah Chengcai meminta untuk bertemu dengan kepala sekolah untuk mengucapkan terima kasih. Tiba-tiba ayah Chengcai tersengal-sengal, Chengcai berteriak memanggil dokter.Chengcai berlari ke sekolah untuk meminta kepala sekolah datang kerumah sakit untuk menemui ayahnya. Namun kepala sekolah memarahinya karena telah nyelonong masuk saat rapat dewan sekolah.
Chengcai kmbali ke rumah sakit,dokter mengatakan bahwa keadaan ayahnya kritis dan mungkin akan segera meninggal. Chengcai bergegas menemui ayahny, tak disangka kepala sekolah datang bersama gurunya untuk menemui ayah chengcai.kepala sekolah berkata bahwa checngcai sudah diterima kembali di sekolah.tapi ternyata ayah chengcai tahu kalau mereka berbohong.Dia berkata kepada kepala sekolah bahwa kelakuan nakal Chengcai selama ini adalah karena kesalahannya, dulu ayah Chengcai dibesarkan dalam kekerasan,sehingga ia pun hanya bisa mendidik anaknya dengan kekerasan. Terakhir,ia berkata pada Chengcai ”nak, jika kau menyukai bela diri. Jadilah atlit internasional yang menjuarai olimpiade dunia. ayah mencintaimu….” setelah itu ayah Chengcai meninggal.
Semenjak itu keadaan menjadi berubah,ayah dan ibu Tom lebih peduli kepada Tom dan adiknya, ibu Tom mengundurkan diri dari perusahaannya. mereka jauh lebih perhatian pada anak-anaknya. Chengcai diterima kembali di sekolah dan ia berlatih keras menjadi atlit bela diri sehingga ia berhasil menjadi atlit beladiri internasional. semua demi memenuhi pesan terakhir ayahnya.

Menurut saya, pelajaran yang dapat di ambil dari Film ini adalah, 
-          Kasih sayang, perhatian orang tua lebih berperan penting dari apapun bahkan uang sekalipun. Uang bukan segalanya, uang bukanlah bentuk kasih sayang yang sebenarnya.

-          Diperlukan sebuah komunikasi dalam suatu hubungan (terutama hubungan orang tua dengan anaknya), jangan pernah berlaku kasar kepada seseorang (terutama anak), meskipun ia tidak pernah membantah, akan tetapi hati kecilnyalah yang sebenarnya membantah. Jangan beranggapan bahwa kitalah yang paling benar ( orang dewasa biasanya tidak selalu benar, adakalanya mendengar kata-kata dari yang lebih muda, siapa tahu itu bisa membuat kita memperbaiki diri).

-          Seorang anak perlu apresiasi dan motivasi sekecil apapun atas usahanya dan kerjaannya, sehingga ia akan tumbuh menjadi seorang yang percaya diri dan tidak berjiwa kerdil,  3 kata yang sederhana namun cukup sulit dan gengsi untuk orang tua ucapkan pada anak dan sebaliknya yaitu I LOVE YOU, sebuah ucapan yang memang mengandung sebuah reaksi yang sangat berpengaruh terhadap psikologi seseorang.

-          Dalam film ini diperlukan adanya suatu pemahaman orang tua kepada anaknya lewat mendengarkan, bukan sekedar mendengar. kebanyakan Orang Tua hanya sering mengatakan ini itu tanpa mau mendengarkan apa yang ingin diucapkan anak. Tak jarang anak hanya mau mendengar perkataan orang tua hanya sekedar numpang lewat saja di telinga.

-          Film ini juga memberikan masukan jika nanti saya menjadi orang tua, semoga kelak saya bisa menjadi orang tua yang dapat menjadi teladan bagi anak-anak saya, mendidik dengan cara yang baik dan tepat, memahami kelebihan anak sehingga apapun kekurangannya dapat tertutupi dengan kelebihannya. Menjadi orangtua pastilah merupakan tanggung jawab yang berat, semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, namun terkadang orang tua belum menemukan cara yang lebih indah untuk menasehati dan mendidik anaknya.

-          Begitu juga untuk orang tua jika seorang anak tidak haruslah hanya memandang kejelekan dan kenakalan sang anak coba lihat dari satu sisi dan sudut lain untuk melihat kebaikan dan bakat seorang anak, hargailah karyanya dan dukunglah bakat dan minat jangan sekali-kali lontarkan kata-kata yang membuat seorang anak menjadi tidak percaya diri dengan bakatnya ataupun menjadi tidak di hargai karyanya di mata orang tua sehingga sang anak mencari tempat lain untuk dirinya berbagi dan dihargai karya dan bakatnya. Bagus jika sang anak mencari tempat di kalangan dan lingkungan yang baik tapi jika ia memilih dan berlindung di tempat yang tidak baik serta lingkungan yang tidak baik, justru itu yang buat orang tua akan menyesal dengan sikapnya sendiri. Terkadang orang tua juga hanya menyalahkan kenakalan anak itu karna si anak sendiri, padahal tidak selalu demikian, bisa saja sang anak menjadi tidak dihargai dengan sikapnya dan bakatnya sehingga si anak menjadi berontak dan menunjukan kalau di benar dengan mencari perhatian dengan sikap yang salah dan menurut orang tua itu adalah kenakalan. Berilah kesempatan tuk sang anak bercerita dan menunjukan kemampuan dan ceritakan permasalahan hidupnya, sikapilah dengan mendengarkan dan nasehat yang perlahan dan menyentuh tidak langsung berkata “itu salah” “itu tidak benar” dengan kata-kata itu anak akan merasa serba salah dan akhirnya ia tidak akan mendapatkan percaya dirinya lagi.

-          Begitu juga nasehat untuk anak dalam film ini, janganlah langsung menfonis tindakan orang tua yang kamu ga suka dengan bilang “orang tuaku ga sayang lagi sama aku”, itu salah besar jika kamu berkata seperti itu, tidak semua orang tua melakukan sesuatu yang salah dimata mu karna ia tidak saying lagi, melainkan hanya ia masih salah dalam bersikap tuk menunjukan kasih sayangnya, bersikaplah lebih bijak lihatlah sisi baiknya coba lihat dengan hati sikap baik orang tua anda, jika beliau memang bawel dalam menasehati anda atau kasar dalam setiap nasehat sikap seperti itu bukan berarti beliau tidak sayang melainkan menunjukan bentuk kasih sayangnya melainkan masih salah seharusnya mereka menasehati anda dengan kelembutan dan menuntun jika anda salah dan mendukung jika anda benar.




Analisa yang saya dapatkan dalam film ini adalah
Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan.
Adapun motivasi yang berkaitan dengan mata pelajaran adalah motivasi ekstrinsik, dimana motivasi ini membutuhkan ransangan atau dorongan dari luar misalnya, media, baik media visual, audio, maupun audio visual serta buku-buku yang dapat menimbulkan dan memberikan inspirasi dan ransangan dalam belajar.

Adapun bentuk motivasi yang sering dilakukan disekolah adalah memberi angka, hadiah, pujian, gerakan tubuh, memberi tugas, memberi ulangan, mengetahui hasil, dan hukuman.
a)      Memberi angka
Memberikan angka (nilai) artinya adalah sebagai satu simbol dari hasil aktifitas anak didik. Dalam memberi angka (nilai) ini, semua anak didik mendapatkan hasil aktifitas yang  bervariasi. Pemberian angka kepada  anak didik diharapkan dapat memberikan dorongan atau motivasi agar hasilnya dapat lebih ditingkatkan lagi.
Contohnya siswa guru Fu dalam film diatas yang mendapat 2 angka lebih baik dari hasil ulangan yang kemaren, akan terdorong supaya mendapatkan 5 angka lebih baik dari ulangan hari ini.

b)      Hadiah
Maksudnya adalah suatu pemberian berupa kenang-kenangan kepada anak didik yang berprestasi. Hadiah ini akan dapat menambah atau meningkatkan semangat (motivasi) belajar siswa karena akan dianggap sebagai suatu penghargaan yang sangat berharga bagi
 siswa.
Contohnya siswa guru disalah satu kelas favorit, memberi hadiah bila siswanya mampu mendapatkan nilai yang lebih baik dari pada kemaren.

c)      Pujian 
Memberikan pujian terhadap hasil kerja anak didik adalah sesuatu yang diharapkan oleh setiap individu. Adanya pujian berarti adanya suatu perhatian yang diberikan kepada siswa, sehingga semangat bersaing siswa untuk belajar akan tinggi.
Contohnya dalam film ini ibu Li memuji anaknya yang baru pulang sekolah dan mendapat nilai 90 di kertas ulangannya.

d)      Gerakan tubuh
Gerakan tubuh artinya mimik, parah, wajah, gerakan tangan, gerakan kepala, yang membuat suatu perhatian terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Gerakan tubuh saat memberikan suatu respon dari siswa artinya siswa didalam menyimak suatu materi pelajaran lebih mudah dan gampang.

e)      Memberi tugas
Tugas merupakan suatu pekerjaan yang menuntut untuk segera diselesaikan. Pemberian tugas kepada siswa akan memberikan suatu dorongan dan motivasi kepada anak didik untuk memperhatikan segala isi pelajaran yang disampaikan.

f)       Memberikan ulangan
Ulangan adalah strategi yang paling penting untuk menguji hasil pengajaran  dan juga memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk mengulangi pelajaran yang telah disampaikan dan diberikan oleh guru.

g)      Mengetahui hasil
Rasa ingin tahu siswa kepada sesuatu yang belum diketahui adalah suatu sifat yang ada pada setiap manusia. Dalam hal ini siswa berhak mengetahui hasil pekerjaan yang dilakukannya.

h)      Hukuman
Dalam proses belajar mengajar, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan kesalahan adalah hal yang harus dilakukan untuk menarik dan meningkatkan perhatian siswa. Misalnya memberikan pertanyaan kepada siswa yang bersangkutan.

Terkait dengan film diatas, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar antara lain:
1.      Cita-cita / aspirasi siswa
Cita-cita merupakan satu kata tertanam dalam jiwa seorang individu. Cita-cita merupakan angan-angan yang ada di imajinasi seorang individu, dimana cita-cita tersebut dapat dicapai akan memberikan suatu kemungkinan tersendiri pada individu tersebut. Adanya cita-cita juga diiringi oleh perkembangan dan pertumbuhan keperibadian individu yang akan menimbulkan motivasi yang besar untuk meraih cita-cita atau kegiatan yang diinginkan.
Contohnya seperti cita-cita Chengcai yang ingin menjadi seperti Burcee Lee tapi ayahnya malah memarahinya dan memukulnya bila dia latihan silat.

2.      Kemampuan siswa
Kemampuan dan kecakapan setiap individu akan memperkuat adanya motivasi. kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan membaca, memahami sehingga dorongan yang ada pada diri individu akan makin tinggi.
Contohnya dalam film ini Tom berbakat dalam bidang teknologi sehingga bisamemenangkan lomba blog nasional dan bisa memperbaiki laptop ayahnya yang rusak tapi ayahnya menganggap blog hanya mainan dan tidak adanilai akademisnya, dan ayah Tom memarahinyakarna meyentuh barang-barang ayahnya termasuk laptop.

3.      Kondisi siswa dan lingkungan
Kondisis siwa adalah kondisi rohani dan jasmani. Apabila kondisi stabil dan sehat maka motivasi siswa akan bertambah dan prestasinya akan meningkat. Begitu juga  dengan kondisi lingkungan siswa (keluarga dan masyarakat) mendukung, maka motivasi pasti ada dan tidak akan menghilang.
Seperti kondisi lingkungan Chengcai yang selalu dipukuli dan dikasari oleh ayahnya, membuat kondisi mental Chengcaimenjadi keras. Dan keluarga Tom yang tidak peduli dengan Tom dan Jerry, membuat mereka selalu kesepian dan mulaimencari kebahagiannya sediri dengan cara yang salah.

4.      Unsur-unsur dinamis dalam belajar
Dinamis artinya seorang individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, tempat dimana seorang individu akan memperoleh pengalaman.
Contohnya pak Fu selalu menganggap muridnya bodoh, sehingga pak Fu mencaci mereka dengan sebutan apel busuk. Tidak seperti guru lain di kelas favorit yang selalu memberi pembelajaran yang menyenangkan dan berkata yang baik pada murid-muridnya.
5.      Upaya guru dalam membelajarkan siswa.
Guru adalah seorang sosok yang dikagumi dan insan yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan. Seorang guru dituntut untuk profesional dan memiliki keterampilan.
Dalam suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan tidak terlepas adanya fungsi dan kegunaan.
Contohnya Guru Fu yang cara mengajarnya masih menggunakan cara pembelajaran yang konvensional membuat muridnya merasa kurang nyaman, berbeda dengan guru dikelas favorit yang menggunakan pembelajaran disertai hadiah yang menyenangkan.


Dalam film ini, bisa dilihat bahwa dunia pendidikan masih menganut pembelajaran behavioristik .
Teori belajar menurut aliran ini adalah:
-          Hasil belajar tidak disebabkan oleh kemampuan internal manusia tetapi karena faktor stimulus yang menimbulkan respon.
-          Agar hasil belajar optimal, maka stimulus harus dirancang sedemikian rupa sehinga mudah direspon siswa.
-          Siswa akan memperoleh hasil belajar apabila dapat mencari hubungan antara stimulus dan respon tersebut.

 Akan tetapi dalam film ini, stimulus yang digunakan guru maupun orang tua adalah stimulus yang negatif sehingga anak-anaknya juga merespon dengan cara yang negatif pula. Dengan memarahinya, mengaturnya, menyalahkannya itu membuat susah anak dalam belajar dan menerima respon karena anak akan kesulitan dalam melakukan sesuatu dan selalu ketakutan sehingga hasil belajar anak kurang memuaskan.

Sedangkan Macam-macam teori belajar menurut aliran ini yang diterapkan pada film I’m Not Stupid ini adalah:
1. Teori belajar Classical Conditioning
Teori ini dikembangkan oleh Ivan Pavlov. Dia mempelajari bagaimana anjing percobaannya menjadi terkondisi untuk berliur walau tanpa makanan. Dari eksperimen tersebut Pavlov menarik kesimpulan bahwa dalam diri anjing akan terjadi pengkondisian selektif berdasar atas penguatan selektif. Anjing dapat membedakan stimulus yang disertai dengan penguatan dan stimulus yang tidak disertai dengan penguatan.
Yang terjadi pada film adalah stimulus tanpa penguatan, anak hanya menerima stimulus berupa suruhan untuk belajar, dan belajar tanpa adanya penguatan berupa motivasi. Sehingga anak juga akan berfikir malas karna menganggap yang dilakukan adalah percuma.

2. Modelling dan Observational Learning
    Bandura mengembangkan 4 tahap melalui pengamatan atau modeling
-          tahap perhatian yaitu Individu memperhatikan model yang menarik, berhasil, atraktif dan populer.
-          tahap retensi yaitu Bila guru telah mendapat perhatian dari siswa, guru memodelkan perilaku yang akan ditiru oleh siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkannya atau mengulangi model yang telah ditampilkan.
-          tahap reproduksi yaitu Siswa mencoba menyesuaikan diri dengan perilaku model.
-          tahap motivasional yaitu Siswa akan menirukan model karena merasakan bahwa melakukan pekerjaan yang baik akan meningkatkan kesempatan untuk memperoleh penguatan.

Konsep penting lainnya dari teori belajar ini adalah pengaturan diri (self-regulation). Dalam kegiatan belajar ini, individu mengamati perilakunya sendiri, menilai perilakunya sendiri dengan standar yang dibuat sendiri, dan memperkuat atau menghukum diri sendiri apabila berhasil ataupun gagal dalam berperilaku.

Akan tetapi pada film I’m Not Stupid ini torang tua maupun guru hanya berbuat negatif pada perkembangan anak. Mereka tidak memperdulikan anak sehingga si anak juga akan berfikir tidak peduli. Apa yang dilakukan anak walaupun itu benar selalu saja ada kesalahannya dimata orang tua dan guru sehingga anak tidak mempunyai kesempatan untuk mendapat penguatan dan motivasi. Anak selalu dianggap salah sehingga anak selalu dibuai dalam rasa ketakuatn dan kesalahan mereka sendiri, sehingga berpengaruh buruk terhadap perilaku mereka yang menyebabkan kurang percaya diri dan takut akan kegagalan.

3. Teori Koneksionisme
Teori ini dikembangkan oleh Edward Thorndike. Dia menggunakan kucing sebagai hewan percobaan. dalam eksperimennya, dia menghitung waktu yang dibutuhkan kucing untuk dapat keluar dari kandang pecobaan (puzzle box). Menurut Thorndike, dasar dari belajar adalah trial dan error. Hewan percobaan itu menunjukkan adanya penyesuaian diri dengan lingkungannya sedemikian rupa sebelum hewan percobaan tersebut dapat melepaskan diri dari kandang percobaan. Selanjutnya dikemukakan bahwa perilaku dari semua hewan percobaan itu praktis sama.
Thorndike mengemukakan 3 macam hukum belajar, yaitu:
    a. Hukum kesiapan
        Agar proses belajar mencapai hasil yang baik, maka perlu kesiapan dalam belajar. Ada 3 keadaan yang menunjukkan berlakunya hukum ini, yaitu:
        - Apabila individu memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku dan dapat melaksanakannya, maka dia akan puas.
        -   Apabila individu memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku tapi tidak dapat melaksanakannya, maka dia akan kecewa.
        - Apabila individu tidak memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku dan dipaksa untuk melaksanakannya, maka akan menimbulkan keadaan yang tidak memuaskan.
    b. Hukum latihan
        Hubungan antara stimulus dan respon akan menjadi kuat apabila sering dilakukan latihan.
    c. Hukum akibat
        Apabila sesuatu memberikan hasil yang menyenangkan atau memuaskan, maka hubungan antara stimulus dan respon akan menjadi semakin kuat.

4. Teori Modifikasi Perilaku Kognitif
Meichenbaum menyatakan bahwa individu dapat diajarkan untuk memantau dan mengatur perilakunya sendiri. Cara yang digunakan yaitu melatih individu yang terganggu emosionalnya untuk membuat dan menjawab pertanyaannya sendiri. Ada 5 tahap kegiatan belajar mandiri yang dikembangkan Meichenbaum, yaitu:
a. Model orang dewasa melakukan tugas tertentu sambil berbicara dengan keras (Modeling kognitif)
b. Anak melakukan tugas yang sama di bawah arahan pembelajaran dari model (Bimbingan eksternal)
c. Anak melakukan tugas sambil membelajarkan diri sendiri.
d. Anak membelajarkan dirinya sendiri dengan cara berbicara pelan pada saat melanjutkan tugas.
e. Anak melakukan tugas untuk mencari kinerja tertentu dengan melakukan percakapan diri sendiri.
Teori belajar modifikasi perilaku koginitif ini menekankan pada modeling percakapan diri sendiri secara meningkat berpindah dari perilaku yang dikendalikan oleh orang lain kepada perilaku yang dikendalikan oleh diri sendiri, di mana individu menggunakan percakapan diri sendiri pada waktu melaksanakan tugas.

5. Teori belajar Conditioning
Guthrie menyatakan bahwa semua belajar dapat diterangkan dengan satu prinsip, yaitu prinsip asosiasi. Belajar merupakan suatu upaya untuk menentukan hukum-hukum, bagaimana stimulus dan respon itu berasosiasi. Guthrie menyatakan bahwa respon dapat menimbulkan stimuli untuk respon berikutnya. Perilaku manusia merupakan deretan perilaku yang terdiri atas unit-unit reaksi atau respon dari stimulus berikutnya.
Konsekuensi yang menyenangkan pada umumnya disebut sebagai penguat (reinforces), dan yang tidak menyenangkan disebut sebagai hukuman (punishers)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar