SINOPSIS
DAN ANALISIS FILM
I’m Not Stupid
Judul :
I’m not stupid too
sutradara :Jack
Neo
Produser :Chan
Pui Yin
Seah Saw Yam
Penulis :Jack
Neo
Pemeran :Jack
Neo
Huang Yiliang
Xiang Yun
Ashley Leong
Shawn Lee
Joshua Ang
Studio :MediaCorp
Raintree Pictures
Distributor :United
International Pictures
Durasi :124
menit
Negara : Singapura
Bahasa :Inggris, Mandarin, Hokkian
Film ini menceritakan
bagaimana situasi kehidupan sosial , situasi pemerintahan serta situasi
pendidikan yang ada di Singapura saat itu. Menurut saya tidak terlalu jauh
berbeda situasi saat itu di Singapura dengan situasi sekarang ini di berbagai
kehidupan sosial di mana saja kita berada.
Film ini mengisahkan
tentang kehidupan sosial tokoh-tokoh yang tidak dihargai baik itu dari
keluarga, guru dan orang-orang sekitarnya. Tentang Tom & Jerry yang orang
tua mereka lebih memementingkan pekerjaan, dan mereka hanya bisa menuntut
anak-anak mereka agar mempunyai nilai akademis yang tinggi. Keluarga Tom
merupakan keluarga berada, yang bisa memiliki segalanya dengan mudah. Namun
sayangnya, Orang Tua mereka tak pernah ada waktu luang untuk memberikan
perhatian, kasih sayang kepada Tom dan Jerry yang merupakan adiknya. Karena
terlalu sibuk, Orang tua mereka menyiasati Komunikasi dalam keluarga ini hanya
melalui sebuah pesan singkat yang ditempel di lemari pendingin (Kulkas). Jerry
yang ingin bertanya sesuatu pada ibunya harus menempelkan note di pintu kulkas,
dan dijawab ibunya dengan note pula.Sangat memprihatinkan, jika waktu berkumpul
di meja makan mereka seringkali menasehati anak-anaknya dan tak ada kesempatan
untuk Tom dan Jerry mengajukan bebearpa kalimat yang ingin mereka sampaikan.
Orang tua mereka tak
pernah bangga dengan bakat anak-anak mereka, bahkan mereka tidak pernah tau apa
bakat anak mereka, mereka menganggap bahwa nilai akademik lebih menentukan
segalanya. Berawal dari situlah Tom dan Jerry yang aslinya anak baik-baik
berubah menjadi anak yang nakal, hasil pendidikan orang tua yang merubah anak
menjadi nakal, tumbuh menjadi anak yang tidak pernah diharapkan oleh orang tua
manapun.
Padahal Tom pintar dalam bidang ilmu
IT, dia pintar membuat Blog. Tom pernah menjuarai olimpiade blogger
nasional,namun itu sama sekali tak dihargai oleh ibunya yang seornag redaktur
majalah best seller. Tom tumbuh menjadi anak kesepian dan semua isi hatinya ia
curahkan di blog, sedangkan Jerry dengan kepolosannya berusaha memahami kondisi
keluarganya yang sungguh sulit dimengerti olehnya.
Suatu
hari Laptop ayahnya Tom terserang virus sehingga error, padahal esoknya ayahnya
harus melakukan presentasi dihadapan Bos dan klien, Tom berinisiatif
membenarkan laptop itu saat ayahnya sudah berangkat ke kantor, dan rela telat
ke sekolah demi mengantar Laptop yang sudah dibetulkan ke kantor ayahnya. Namun
sikap ayahnya itu malah mengira Tom yang merusak laptop itu sebelumnya lalu
karena merasa bersalah Tom kembali memperbaikinya. Saat Tom ingin membela diri
dan ingin menjelaskan yang sebenarnya, ia malah di marahi karena terlambat ke
sekolah, diomeli tanpa memberikan kesempatan Tom berbicara.
Kisah lain ada pada
Chengcai, Chengcai memiliki nilai tidak pernah di atas sepuluh (nilai maksimal
100),dia selalu dicerca gurunya karena dianggap anak yang bodoh. Ayahnya
seorang mantan pegulat yang menderita cacat di kakinya karena pekerjaannya di
masa lalu. Padahal Chengcai sangat menyukai bruce lee dan bela diri, namun
ayahnya melarang karena ia tak mau Chengcai bernasib sama seperti dirinya.
Namun Chengcai tak bisa mengerti keinginan ayahnya karena Ayahnya selalu
mendidiknya dengan pukulan, tamparan, teriakan, dan hujatan.
Chengcai dan Tom adalah teman sekelas,
Chengcai sering menolong Tom saat Tom mengalami masalah dengan para preman. Suatu
hari, dikelas Tom ada penyitaan hp, kemudian Tom tertangkap basah menjatuhkan
CD porno, karna takut di ambil oleh gurunya, Tom menendang CD itu kearah
Chengcai lalu Chengcai mengoper keteman lainnya, guru Tom mencoba mengejar dan
akhirnya CD itu tertangkap oleh gurunya. Lalu akhirnya Chengcai berkelahi
dengan gurunya, guru itu akan memukul Chengcai, namun Chengcai menangkisnya dan
akhirnya Tom membantu mengeroyok gurunya itu. Akhirnya Tom dan Chengcaimenerima
hukuman. Chengcai dikeluarkan dan Tom dihukum cambuk didepan semua siswa. Hal
itu membuat orang tua Tom dan Chengcai marah besar.
Chengcai akhirnya tidak bersekolah
lagi, tapi Tom dan Chengcai masih sering bertemu. Karena merasa kekurangan
kasih sayang dan tak pernah mendapatkan ketentraman di rumah, Chengcai dan Tom
akhirnya bergabung dengan komplotan para preman. Disitulah Tom dan Chengcai
bertambah nakal dan binal.
Jerry, ia terpilih sebagai peran
utama dalam pementasan drama di sekolahnya dan Bu Guru meminta semua
keluarganya datang.,Namun ketika Jerry bertanya apakah orang tuanya memiliki
waktu untuk menonton pertunjukkan dramanya. Namun, mereka tak pernah
mempedulikannya. Jerry merasa iri dengan salah satu temannya yang mengundang
seluruh anggota keluarganya untuk menonton pertunjukkan padahal temannya itu
hanya berperan sebagai bunga. ia pun melakukan berbagai cara untuk dapat
menghadirkan kedua orangtuanya dalam drama sekolah. Bahkan ia sampai mencuri
uang di kantin sekolah. orangtua Jerry dipanggil pihak sekolah untuk
menindaklanjuti hal tersebut. Pulang kerumah mereka langsung memarahi Jerry dan
memukul tangannya dengan penggaris, tak peduli Jerry menangis kesakitan. Sang
ibu pun hanya memandanginya. Jerry hanya karena ingin kedua orang tuanya hadir
untuk menonton pertunjukkan Drama sekolah, ia rela menjual kartu pokemonnya
(mainan) dan mencuri uang di kantin, hanya untuk membeli waktu ayahnya
untuk 1 jam saja dengan membayar uang itu kepada ayahnya, agar sempat menonton
pertunjukkan Drama di Sekolah Jerry.
Sang ayah langsung membeku, penggaris
di tangannya terjatuh. Sang ibu langsung memeluk Jerry. Setelah itu ibu dan
ayah Jerry pergi ke kamar Tom, mereka melihat tulisan-tulisan Tom di blognya.
Ternyata, selama ini Tom merasa sangat kesepian dan tak berharga, ayah dna
ibunya tak pernah memperhatikannya. bahkan dia merasa rumah yang ditinggalinya
tak lebih dari sebuah tempat dimana ia tidur setiap malam.
saat hari pertama sekolah di SMP aku
salah naik bis,sehingga aku tersesat. Aku menelpon ayah untuk menjemputku,tapi
ayah bilang dia sedang sibuk dan tak ada waktu. sampai akhirnya aku baru sampai
rumah pada larut malam,dan ibu langsung memarahiku.
Ayah dan Ibu Tom menangis membaca
semua tulisan Tom di blognya, mereka menyadari kesalahn mereka selamaini. Mereka
telah gagal menjadi orangtua. Ayah Jerry berusaha menelpon Tom,namun tak
terjawab,sedangkan ia harus pergi ke kantor untuk presentasi di depan kolega
dari luar negeri.
Sementara itu TOm dan Chengcai sedang
di kejar-kejar massa karena perbuatan mereka yang menjambret kalung , padahal
mereka bermaksud baik mengembalikan kalung tersebut kepada pemiliknya karena
mereka menyadari perbuatan mereka itu salah. Namun mereka malah di kejar-kejar
untuk di pukuli.
Tom dikejar-kejar dan akhirnya
tertangkap,ia meminta untuk dilepaskan namun orang-orang yang memukulinya tak
peduli. Hp Tom terjatuh dan secara tak sengaja tombolnya tertekan menelpon
ayahnya. Sang ayah yang sedang bersiap presentasi di hadapan kolega menerima
panggilannnya, dan melalui faislitas 3G ia melihat Tom sedang dipukuli. Ia
terkejut dan bergegas pergi, namun atasan ayah Tom menahannya karena ia harus
presentasi di hadapan klien yang bernilai miliyaran. Namun ayah Tom tak
peduli,ia memilih di pecat oleh bosnya karena selama ini ia selalu mengacuhkan
anaknya.
Sesampainya disana ayah Tom langsung
bertanya mengapa Tom mencuri,ternyata Tom ditipu oleh teman premannya dan ia
harus mengganti sejumlah uang agar tak dijebloskan ke penjara. Tiba-tiba polisi
datang , ayah Tom memohon kepada si nenek agar memaafkan Tom yang telah
berusaha mencuri kalungnya, bahkan ia bersimpuh di hadapan sang nenek.Ayah Tom
meminta agar ia saja yang dimasukkan ke penjara asal jangan anaknya, si nenek
menjadi bingung sementara polisi sudah ada didekat mereka.
Ketika polisi bertanya , si nenek
berkata bahwa tidak terjadi apa-apa. Dia hanya memberikan laporan palsu,karena
itu si nenek lah yang akhirnya dibawa oleh polisi.si nenek berkata pada ayah
Tom bahwa ia akan baik-baik saja,dan memeberi pesan agar Mr.Yeo menjadi ayah
yang baik bagi anak-anaknya.
Sedangkan di sisi lain, Chengcai
berlari menghindari orang-orang yang mengejarnya ke atas jembatan penyeberangan
namun ia tertangkap dan ia pun dipukuli. Tak disangka ayah Chengcai yang
sedang berdiri di pinggir jalan melihatnya, ia segera berlari menolong anaknya.
Dia membiarkan dirinya dipukuli asalkan Chengcai selamat, Chengcai menatap wajah
ayahnya yang sedang di pukuli. Tiba-tiba ayahnya terjatuh dari atas tangga dan
kepalanya terbentur ubin dengan sangat keras. Chengcai terkejut,ia segera
tersungkur didepan ayahnya yang bersimbah darah.orang-orang yang tadi mengejar
dan memukuli Chengcai berkata bahwa mereka tak bermaksud melakukan hal
itu.Chengcai tak menjawab,ia terus memanggil ayahnya yang diam tak bergerak.
Ayah Chengcai segera dilarikan ke
rumah sakit, Ibu Li tetangga mereka menangis melihat keadaan ayah Chengcai. ia
marahmarah pada Chengcai dan mengungkapkan semua yg dilakukan ayah Chengcai
untuk dirinya. Ternyata Ayah Chengcai telah memohon pada kepala sekolahnya yang
dulu agar mengijinkannya kembali sekolah,walaupun tak berhasil. Dia telah
berkeliling ke 100 sekolah di Singapura untuk mendaftarkan Chengcei agar dia
bisaberseklah lagi, ia meminta ibu Li untuk membuat surat permohonan kepada
sekolah berbahasa inggris dan dicopy sebanyak 163 karena dia tak bisa berbahasa
inggris . Dia hanya ingin Chengcei belajar dengan keras, itu saja .Dia sangat
mencintai Chengcei, hanya saja dia tak tahu bagaimana menunjukkannya pada
Chengcai.
Chengcai pun kembali ke sekolah dan
memohon kepada kepala sekolah untuk memberinya kesempatan.dia berjanji
akan menjadi anak yang baik,namun kepala sekolah tak menggubrisnya. Akhirnya
Chengcai pulang dengan lunglai.
Chengcai pergi kerumah sakit dan
menadapati ayahnya telah siuman, melihat Chengcai mengenakan seragam sekolah
ayahnya merasa senang. apalagi saat Chengcai berkata bahwa kepala sekolah telah
memberinya kesempatan, ayah Chengcai meminta untuk bertemu dengan kepala
sekolah untuk mengucapkan terima kasih. Tiba-tiba ayah Chengcai
tersengal-sengal, Chengcai berteriak memanggil dokter.Chengcai berlari ke
sekolah untuk meminta kepala sekolah datang kerumah sakit untuk menemui
ayahnya. Namun kepala sekolah memarahinya karena telah nyelonong masuk saat
rapat dewan sekolah.
Chengcai kmbali ke rumah sakit,dokter
mengatakan bahwa keadaan ayahnya kritis dan mungkin akan segera meninggal.
Chengcai bergegas menemui ayahny, tak disangka kepala sekolah datang bersama
gurunya untuk menemui ayah chengcai.kepala sekolah berkata bahwa checngcai
sudah diterima kembali di sekolah.tapi ternyata ayah chengcai tahu kalau mereka
berbohong.Dia berkata kepada kepala sekolah bahwa kelakuan nakal Chengcai selama
ini adalah karena kesalahannya, dulu ayah Chengcai dibesarkan dalam
kekerasan,sehingga ia pun hanya bisa mendidik anaknya dengan kekerasan. Terakhir,ia
berkata pada Chengcai ”nak, jika kau menyukai bela diri. Jadilah atlit internasional
yang menjuarai olimpiade dunia. ayah mencintaimu….” setelah itu ayah Chengcai
meninggal.
Semenjak itu keadaan menjadi berubah,ayah
dan ibu Tom lebih peduli kepada Tom dan adiknya, ibu Tom mengundurkan diri dari
perusahaannya. mereka jauh lebih perhatian pada anak-anaknya. Chengcai diterima
kembali di sekolah dan ia berlatih keras menjadi atlit bela diri sehingga ia
berhasil menjadi atlit beladiri internasional. semua demi memenuhi pesan
terakhir ayahnya.
Menurut saya, pelajaran yang
dapat di ambil dari Film ini adalah,
-
Kasih sayang, perhatian orang tua
lebih berperan penting dari apapun bahkan uang sekalipun. Uang bukan segalanya,
uang bukanlah bentuk kasih sayang yang sebenarnya.
-
Diperlukan sebuah komunikasi
dalam suatu hubungan (terutama hubungan orang tua dengan anaknya), jangan
pernah berlaku kasar kepada seseorang (terutama anak), meskipun ia tidak pernah
membantah, akan tetapi hati kecilnyalah yang sebenarnya membantah. Jangan
beranggapan bahwa kitalah yang paling benar ( orang dewasa biasanya tidak
selalu benar, adakalanya mendengar kata-kata dari yang lebih muda, siapa tahu
itu bisa membuat kita memperbaiki diri).
-
Seorang anak perlu apresiasi dan
motivasi sekecil apapun atas usahanya dan kerjaannya, sehingga ia akan tumbuh
menjadi seorang yang percaya diri dan tidak berjiwa kerdil, 3 kata yang sederhana
namun cukup sulit dan gengsi untuk orang tua ucapkan pada anak dan sebaliknya
yaitu I LOVE YOU, sebuah ucapan yang memang mengandung sebuah reaksi yang
sangat berpengaruh terhadap psikologi seseorang.
-
Dalam film ini diperlukan adanya
suatu pemahaman orang tua kepada anaknya lewat mendengarkan, bukan sekedar mendengar.
kebanyakan Orang Tua hanya sering mengatakan ini itu tanpa mau mendengarkan apa
yang ingin diucapkan anak. Tak jarang anak hanya mau mendengar perkataan orang
tua hanya sekedar numpang lewat saja di telinga.
-
Film ini juga memberikan masukan
jika nanti saya menjadi orang tua, semoga kelak saya bisa menjadi orang tua
yang dapat menjadi teladan bagi anak-anak saya, mendidik dengan cara yang baik
dan tepat, memahami kelebihan anak sehingga apapun kekurangannya dapat tertutupi
dengan kelebihannya. Menjadi orangtua pastilah merupakan tanggung jawab yang
berat, semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya,
namun terkadang orang tua belum menemukan cara yang lebih indah untuk menasehati
dan mendidik anaknya.
-
Begitu juga untuk orang tua jika seorang anak tidak
haruslah hanya memandang kejelekan dan kenakalan sang anak coba lihat dari satu
sisi dan sudut lain untuk melihat kebaikan dan bakat seorang anak, hargailah
karyanya dan dukunglah bakat dan minat jangan sekali-kali lontarkan kata-kata
yang membuat seorang anak menjadi tidak percaya diri dengan bakatnya ataupun
menjadi tidak di hargai karyanya di mata orang tua sehingga sang anak mencari
tempat lain untuk dirinya berbagi dan dihargai karya dan bakatnya. Bagus jika
sang anak mencari tempat di kalangan dan lingkungan yang baik tapi jika ia
memilih dan berlindung di tempat yang tidak baik serta lingkungan yang tidak
baik, justru itu yang buat orang tua akan menyesal dengan sikapnya sendiri.
Terkadang orang tua juga hanya menyalahkan kenakalan anak itu karna si anak
sendiri, padahal tidak selalu demikian, bisa saja sang anak menjadi tidak
dihargai dengan sikapnya dan bakatnya sehingga si anak menjadi berontak dan
menunjukan kalau di benar dengan mencari perhatian dengan sikap yang salah dan
menurut orang tua itu adalah kenakalan. Berilah kesempatan tuk sang anak
bercerita dan menunjukan kemampuan dan ceritakan permasalahan hidupnya,
sikapilah dengan mendengarkan dan nasehat yang perlahan dan menyentuh tidak
langsung berkata “itu salah” “itu tidak benar” dengan kata-kata itu anak akan
merasa serba salah dan akhirnya ia tidak akan mendapatkan percaya dirinya lagi.
-
Begitu juga nasehat untuk anak dalam film ini,
janganlah langsung menfonis tindakan orang tua yang kamu ga suka dengan bilang
“orang tuaku ga sayang lagi sama aku”, itu salah besar jika kamu berkata
seperti itu, tidak semua orang tua melakukan sesuatu yang salah dimata mu karna
ia tidak saying lagi, melainkan hanya ia masih salah dalam bersikap tuk
menunjukan kasih sayangnya, bersikaplah lebih bijak lihatlah sisi baiknya coba
lihat dengan hati sikap baik orang tua anda, jika beliau memang bawel dalam
menasehati anda atau kasar dalam setiap nasehat sikap seperti itu bukan berarti
beliau tidak sayang melainkan menunjukan bentuk kasih sayangnya melainkan masih
salah seharusnya mereka menasehati anda dengan kelembutan dan menuntun jika
anda salah dan mendukung jika anda benar.
Analisa yang
saya dapatkan dalam film ini adalah
Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu
dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan.
Adapun motivasi yang
berkaitan dengan mata pelajaran adalah motivasi ekstrinsik, dimana motivasi ini
membutuhkan ransangan atau dorongan dari luar misalnya, media, baik media
visual, audio, maupun audio visual serta buku-buku yang dapat menimbulkan dan
memberikan inspirasi dan ransangan dalam belajar.
Adapun bentuk motivasi yang sering dilakukan disekolah adalah memberi angka, hadiah, pujian, gerakan tubuh, memberi tugas, memberi ulangan, mengetahui hasil, dan hukuman.
a)
Memberi angka
Memberikan angka (nilai) artinya adalah sebagai satu
simbol dari hasil aktifitas anak didik. Dalam memberi angka (nilai) ini, semua
anak didik mendapatkan hasil aktifitas yang bervariasi. Pemberian angka
kepada anak didik diharapkan dapat memberikan dorongan atau motivasi agar
hasilnya dapat lebih ditingkatkan lagi.
Contohnya siswa guru Fu dalam film diatas yang
mendapat 2 angka lebih baik dari hasil ulangan yang kemaren, akan terdorong
supaya mendapatkan 5 angka lebih baik dari ulangan hari ini.
b)
Hadiah
Maksudnya adalah suatu pemberian berupa kenang-kenangan kepada anak didik yang berprestasi. Hadiah ini akan dapat menambah atau meningkatkan semangat (motivasi) belajar siswa karena akan dianggap sebagai suatu penghargaan yang sangat berharga bagi siswa.
Maksudnya adalah suatu pemberian berupa kenang-kenangan kepada anak didik yang berprestasi. Hadiah ini akan dapat menambah atau meningkatkan semangat (motivasi) belajar siswa karena akan dianggap sebagai suatu penghargaan yang sangat berharga bagi siswa.
Contohnya
siswa guru disalah satu kelas favorit, memberi hadiah bila siswanya mampu
mendapatkan nilai yang lebih baik dari pada kemaren.
c)
Pujian
Memberikan pujian terhadap hasil kerja anak didik adalah sesuatu yang diharapkan oleh setiap individu. Adanya pujian berarti adanya suatu perhatian yang diberikan kepada siswa, sehingga semangat bersaing siswa untuk belajar akan tinggi.
Memberikan pujian terhadap hasil kerja anak didik adalah sesuatu yang diharapkan oleh setiap individu. Adanya pujian berarti adanya suatu perhatian yang diberikan kepada siswa, sehingga semangat bersaing siswa untuk belajar akan tinggi.
Contohnya dalam film ini ibu Li memuji anaknya yang
baru pulang sekolah dan mendapat nilai 90 di kertas ulangannya.
d)
Gerakan tubuh
Gerakan tubuh artinya mimik, parah, wajah, gerakan
tangan, gerakan kepala, yang membuat suatu perhatian terhadap pelajaran yang
disampaikan oleh guru. Gerakan tubuh saat memberikan suatu respon dari siswa
artinya siswa didalam menyimak suatu materi pelajaran lebih mudah dan gampang.
e)
Memberi tugas
Tugas merupakan suatu pekerjaan yang menuntut untuk
segera diselesaikan. Pemberian tugas kepada siswa akan memberikan suatu
dorongan dan motivasi kepada anak didik untuk memperhatikan segala isi
pelajaran yang disampaikan.
f)
Memberikan ulangan
Ulangan adalah strategi yang paling penting untuk
menguji hasil pengajaran dan juga memberikan motivasi belajar kepada
siswa untuk mengulangi pelajaran yang telah disampaikan dan diberikan oleh
guru.
g)
Mengetahui hasil
Rasa ingin tahu siswa kepada sesuatu yang belum
diketahui adalah suatu sifat yang ada pada setiap manusia. Dalam hal ini siswa
berhak mengetahui hasil pekerjaan yang dilakukannya.
h)
Hukuman
Dalam proses belajar mengajar, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan kesalahan adalah hal yang harus dilakukan untuk menarik dan meningkatkan perhatian siswa. Misalnya memberikan pertanyaan kepada siswa yang bersangkutan.
Dalam proses belajar mengajar, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan kesalahan adalah hal yang harus dilakukan untuk menarik dan meningkatkan perhatian siswa. Misalnya memberikan pertanyaan kepada siswa yang bersangkutan.
Terkait dengan film diatas, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
belajar antara lain:
1. Cita-cita / aspirasi siswa
Cita-cita merupakan satu kata tertanam
dalam jiwa seorang individu. Cita-cita merupakan angan-angan yang ada di
imajinasi seorang individu, dimana cita-cita tersebut dapat dicapai akan
memberikan suatu kemungkinan tersendiri pada individu tersebut. Adanya
cita-cita juga diiringi oleh perkembangan dan pertumbuhan keperibadian individu
yang akan menimbulkan motivasi yang besar untuk meraih cita-cita atau kegiatan
yang diinginkan.
Contohnya seperti cita-cita Chengcai
yang ingin menjadi seperti Burcee Lee tapi ayahnya malah memarahinya dan
memukulnya bila dia latihan silat.
2. Kemampuan siswa
Kemampuan dan kecakapan setiap individu
akan memperkuat adanya motivasi. kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan
membaca, memahami sehingga dorongan yang ada pada diri individu akan makin
tinggi.
Contohnya dalam film ini Tom berbakat
dalam bidang teknologi sehingga bisamemenangkan lomba blog nasional dan bisa
memperbaiki laptop ayahnya yang rusak tapi ayahnya menganggap blog hanya mainan
dan tidak adanilai akademisnya, dan ayah Tom memarahinyakarna meyentuh
barang-barang ayahnya termasuk laptop.
3. Kondisi siswa dan lingkungan
Kondisis siwa adalah kondisi rohani dan
jasmani. Apabila kondisi stabil dan sehat maka motivasi siswa akan bertambah
dan prestasinya akan meningkat. Begitu juga dengan kondisi lingkungan
siswa (keluarga dan masyarakat) mendukung, maka motivasi pasti ada dan tidak
akan menghilang.
Seperti kondisi lingkungan Chengcai yang
selalu dipukuli dan dikasari oleh ayahnya, membuat kondisi mental
Chengcaimenjadi keras. Dan keluarga Tom yang tidak peduli dengan Tom dan Jerry,
membuat mereka selalu kesepian dan mulaimencari kebahagiannya sediri dengan
cara yang salah.
Dinamis artinya seorang individu dapat
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, tempat dimana seorang individu
akan memperoleh pengalaman.
Contohnya pak Fu selalu
menganggap muridnya bodoh, sehingga pak Fu mencaci mereka dengan sebutan apel
busuk. Tidak seperti guru lain di kelas favorit yang selalu memberi
pembelajaran yang menyenangkan dan berkata yang baik pada murid-muridnya.
5. Upaya guru dalam
membelajarkan siswa.
Guru adalah seorang sosok yang dikagumi
dan insan yang mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan. Seorang guru dituntut untuk
profesional dan memiliki keterampilan.
Dalam suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan tidak terlepas adanya fungsi dan kegunaan.
Dalam suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan tidak terlepas adanya fungsi dan kegunaan.
Contohnya Guru Fu yang
cara mengajarnya masih menggunakan cara pembelajaran yang konvensional membuat
muridnya merasa kurang nyaman, berbeda dengan guru dikelas favorit yang
menggunakan pembelajaran disertai hadiah yang menyenangkan.
Dalam film ini, bisa dilihat
bahwa dunia pendidikan masih menganut pembelajaran behavioristik .
Teori belajar menurut aliran ini adalah:
-
Hasil belajar tidak disebabkan oleh
kemampuan internal manusia tetapi karena faktor stimulus yang menimbulkan
respon.
-
Agar hasil belajar optimal, maka stimulus harus
dirancang sedemikian rupa sehinga mudah direspon siswa.
-
Siswa akan memperoleh hasil belajar
apabila dapat mencari hubungan antara stimulus dan respon tersebut.
Akan tetapi dalam film ini, stimulus yang digunakan guru maupun orang
tua adalah stimulus yang negatif sehingga anak-anaknya juga merespon dengan
cara yang negatif pula. Dengan memarahinya, mengaturnya, menyalahkannya itu
membuat susah anak dalam belajar dan menerima respon karena anak akan kesulitan
dalam melakukan sesuatu dan selalu ketakutan sehingga hasil belajar anak kurang
memuaskan.
Sedangkan Macam-macam teori belajar menurut aliran ini yang diterapkan pada
film I’m Not Stupid ini adalah:
1. Teori belajar Classical Conditioning
Teori ini dikembangkan
oleh Ivan Pavlov. Dia mempelajari bagaimana anjing percobaannya menjadi
terkondisi untuk berliur walau tanpa makanan. Dari eksperimen tersebut Pavlov
menarik kesimpulan bahwa dalam diri anjing akan terjadi pengkondisian selektif
berdasar atas penguatan selektif. Anjing dapat membedakan stimulus yang
disertai dengan penguatan dan stimulus yang tidak disertai dengan penguatan.
Yang terjadi pada film
adalah stimulus tanpa penguatan, anak hanya menerima stimulus berupa suruhan
untuk belajar, dan belajar tanpa adanya penguatan berupa motivasi. Sehingga
anak juga akan berfikir malas karna menganggap yang dilakukan adalah percuma.
2. Modelling dan Observational Learning
Bandura mengembangkan 4 tahap melalui pengamatan
atau modeling
-
tahap perhatian yaitu Individu
memperhatikan model yang menarik, berhasil, atraktif dan populer.
-
tahap retensi yaitu Bila guru telah
mendapat perhatian dari siswa, guru memodelkan perilaku yang akan ditiru oleh
siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkannya atau
mengulangi model yang telah ditampilkan.
-
tahap reproduksi yaitu Siswa mencoba
menyesuaikan diri dengan perilaku model.
-
tahap motivasional yaitu Siswa akan
menirukan model karena merasakan bahwa melakukan pekerjaan yang baik akan
meningkatkan kesempatan untuk memperoleh penguatan.
Konsep penting lainnya dari teori belajar ini adalah pengaturan diri (self-regulation).
Dalam kegiatan belajar ini, individu mengamati perilakunya sendiri, menilai
perilakunya sendiri dengan standar yang dibuat sendiri, dan memperkuat atau
menghukum diri sendiri apabila berhasil ataupun gagal dalam berperilaku.
Akan tetapi pada film I’m Not Stupid ini torang tua maupun guru hanya
berbuat negatif pada perkembangan anak. Mereka tidak memperdulikan anak
sehingga si anak juga akan berfikir tidak peduli. Apa yang dilakukan anak
walaupun itu benar selalu saja ada kesalahannya dimata orang tua dan guru
sehingga anak tidak mempunyai kesempatan untuk mendapat penguatan dan motivasi.
Anak selalu dianggap salah sehingga anak selalu dibuai dalam rasa ketakuatn dan
kesalahan mereka sendiri, sehingga berpengaruh buruk terhadap perilaku mereka
yang menyebabkan kurang percaya diri dan takut akan kegagalan.
3. Teori Koneksionisme
Teori ini dikembangkan
oleh Edward Thorndike. Dia menggunakan kucing sebagai hewan percobaan. dalam
eksperimennya, dia menghitung waktu yang dibutuhkan kucing untuk dapat keluar
dari kandang pecobaan (puzzle box). Menurut Thorndike, dasar dari
belajar adalah trial dan error. Hewan percobaan
itu menunjukkan adanya penyesuaian diri dengan lingkungannya sedemikian rupa
sebelum hewan percobaan tersebut dapat melepaskan diri dari kandang percobaan.
Selanjutnya dikemukakan bahwa perilaku dari semua hewan percobaan itu praktis
sama.
Thorndike mengemukakan 3
macam hukum belajar, yaitu:
a. Hukum kesiapan
Agar proses belajar
mencapai hasil yang baik, maka perlu kesiapan dalam belajar. Ada 3 keadaan yang
menunjukkan berlakunya hukum ini, yaitu:
-
Apabila individu memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku dan dapat
melaksanakannya, maka dia akan puas.
- Apabila
individu memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku tapi tidak dapat
melaksanakannya, maka dia akan kecewa.
- Apabila individu tidak
memiliki kesiapan untuk bertindak atau berperilaku dan dipaksa untuk
melaksanakannya, maka akan menimbulkan keadaan yang tidak memuaskan.
b. Hukum latihan
Hubungan
antara stimulus dan respon akan menjadi kuat apabila sering dilakukan latihan.
c. Hukum akibat
Apabila sesuatu memberikan
hasil yang menyenangkan atau memuaskan, maka hubungan antara stimulus dan
respon akan menjadi semakin kuat.
4. Teori Modifikasi Perilaku Kognitif
Meichenbaum menyatakan
bahwa individu dapat diajarkan untuk memantau dan mengatur perilakunya sendiri.
Cara yang digunakan yaitu melatih individu yang terganggu emosionalnya untuk
membuat dan menjawab pertanyaannya sendiri. Ada 5 tahap kegiatan belajar
mandiri yang dikembangkan Meichenbaum, yaitu:
a. Model orang dewasa
melakukan tugas tertentu sambil berbicara dengan keras (Modeling kognitif)
b. Anak melakukan tugas yang sama di bawah arahan pembelajaran dari model
(Bimbingan eksternal)
c. Anak melakukan tugas
sambil membelajarkan diri sendiri.
d. Anak membelajarkan
dirinya sendiri dengan cara berbicara pelan pada saat melanjutkan tugas.
e. Anak melakukan tugas
untuk mencari kinerja tertentu dengan melakukan percakapan diri sendiri.
Teori belajar modifikasi
perilaku koginitif ini menekankan pada modeling percakapan diri sendiri secara
meningkat berpindah dari perilaku yang dikendalikan oleh orang lain kepada
perilaku yang dikendalikan oleh diri sendiri, di mana individu menggunakan
percakapan diri sendiri pada waktu melaksanakan tugas.
5. Teori belajar Conditioning
Guthrie menyatakan bahwa
semua belajar dapat diterangkan dengan satu prinsip, yaitu prinsip asosiasi.
Belajar merupakan suatu upaya untuk menentukan hukum-hukum, bagaimana stimulus
dan respon itu berasosiasi. Guthrie menyatakan bahwa respon dapat menimbulkan
stimuli untuk respon berikutnya. Perilaku manusia merupakan deretan perilaku
yang terdiri atas unit-unit reaksi atau respon dari stimulus berikutnya.
Konsekuensi yang
menyenangkan pada umumnya disebut sebagai penguat (reinforces), dan yang
tidak menyenangkan disebut sebagai hukuman (punishers)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar